NERACA
Jakarta – PT TASPEN (Persero) resmi mengumumkan pelaksanaan penyaluran Gaji Ketiga Belas Tahun 2025 kepada para penerima pensiun dan tunjangan, sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) purnabakti. Pembayaran ini akan mulai disalurkan pada 2 Juni 2025. Kebijakan ini mengacu pada PP Nomor 11 Tahun 2025 tentang Pemberian Gaji Ketiga Belas kepada Penerima Pensiun dan Tunjangan Tahun 2025 dan Surat Direktur Sistem Perbendaharaan Kementerian Keuangan.
Corporate Secretary TASPEN Henra menegaskan bahwa proses pembayaran akan dilakukan tanpa perlu pengajuan atau autentikasi ulang, sehingga peserta tidak perlu melakukan verifikasi data atau tindakan administratif tambahan.
“Pembayaran ini mencerminkan penghargaan negara terhadap kontribusi para pensiunan, serta menjadi salah satu bentuk nyata kehadiran negara dalam menjamin keberlanjutan penghasilan bagi ASN yang telah menyelesaikan masa baktinya,” ujar Henra.
Beberapa poin penting dalam pembayaran Gaji Ketiga Belas 2025 antara lain: Pertama, besaran Gaji Ketiga Belas dihitung dari komponen penghasilan Mei 2025 yang terdiri atas pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan.
Kedua, tidak dikenakan potongan iuran maupun kredit pensiun, kecuali potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Ketiga, untuk pensiunan yang mulai menerima pensiun setelah 1 Mei 2025, pembayaran Gaji Ketiga Belas tetap dilakukan mulai 2 Juni 2025.
Keempat, bagi penerima pensiun sendiri sekaligus penerima pensiun janda/duda, maka Gaji Ketiga Belas dibayarkan keduanya. Kelima, jadwal khusus juga ditetapkan bagi: TMT 1 Mei 2025: Pembayaran dilakukan oleh TASPEN dan TMT 1 Juni 2025: Pembayaran dilakukan oleh satuan kerja.
TASPEN juga mengimbau kepada seluruh penerima manfaat untuk berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan TASPENdan menegaskan bahwa seluruh layanan tersedia gratis tanpa dipungut biaya. Peserta disarankan untuk hanya mengakses informasi resmi melalui sosial media resmi TASPEN, Kantor Cabang TASPEN terdekat atau Call Center 1500919. Langkah ini menjadi bagian dari komitmen TASPEN dalam memberikan layanan yang andal dan terpercaya bagi peserta, serta mendukung pengelolaan pensiun yang efisien dan berkelanjutan.
“Komitmen ini selaras dengan arahan Kementerian BUMN melalui Menteri Erick Thohir yang menegaskan bahwa kini BUMN adalah kapal induk yang menyatukan semua, untuk membangun keseimbangan ekonomi, dan pertumbuhan bisnis serta memastikan juga kesejahteraan masyarakatnya.” jelas Henra.
Lebih lanjut, di usia yang ke ke-62 tahun pada tanggal 17 April kemarin, TASPEN memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan ASN dan Pejabat Negara di seluruh Indonesia. Seiring bertambahnya usia, TASPEN terus menunjukkan komitmen sebagai Center of Excellence dalam pengelolaan jaminan sosial melalui berbagai inovasi dan transformasi layanan yang berfokus pada kemudahan peserta.
Salah satu tonggak penting dalam transformasi ini adalah pelayanan kepada peserta yang telah melalui banyak inovasi seperti Layanan Tanpa Dokumen dan Autentikasi Digital melalui aplikasi ANDAL by TASPEN, TASPEN One Hour Online Services, Layanan Antar Pembayaran Pensiun, Layanan Klim Otomatis, dan Layanan Klim Satu Jam. Layanan ini merupakan bentuk adaptasi TASPEN terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan peserta, sekaligus mempertegas langkah perusahaan menuju layanan yang lebih cepat, efisien, dan inklusif.
Selain itu, TASPEN juga menerapkan Respectful Workplace Policy (RWP), sebuah kebijakan anti diskriminasi dan kekerasan di tempat kerja yang didukung dengan berbagai fasilitas, seperti cuti haid, ruang laktasi yang tersedia di 57 kantor cabang, serta layanan daycare untuk mendukung karyawan perempuan dalam menjalankan peran ganda sebagai profesional dan ibu dalam keluarga. Guna menjaga keseimbangan antara kehidupan profesional dan personal, perusahaan turut menggagas Employee Well-being Program (EWP) yang berfokus pada kesejahteraan karyawan secara menyeluruh.
Direktur Operasional, Ariyandi, menjelaskan "keamanan Perlindungan data peserta merupakan komitmen utama TASPEN. Beragam teknologi terkini telah diterapkan guna menjamin keamanan informasi pribadi peserta, sehingga data yang dikelola tetap terlindungi dari potensi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.”
NERACA Tangerang – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar ekspose beragam produk impor yang diduga tidak sesuai ketentuan di gudang PT ATI,…
NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan serapan udang nasional melalui kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan…
NERACA Jakarta — Dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas dan keberlanjutan sektor perkebunan nasional, Tim Penilai Varietas (TPV) Tanaman Perkebunan resmi…
NERACA Tangerang – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar ekspose beragam produk impor yang diduga tidak sesuai ketentuan di gudang PT ATI,…
NERACA Jakarta – PT TASPEN (Persero) resmi mengumumkan pelaksanaan penyaluran Gaji Ketiga Belas Tahun 2025 kepada para penerima pensiun dan…
NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan serapan udang nasional melalui kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan…