NERACA
Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dengan bangga memperkenalkan maskot terbaru mereka, Didi dan Melodi, sebagai bagian dari kampanye “Majukan Indonesia dengan Karya Kreatif dan Inovatif Anak Bangsa yang Terlindungi di Era Digital.” Maskot ini dirancang untuk mencerminkan identitas DJKI sekaligus mendorong pekerja kreatif Indonesia untuk melindungi hasil karya mereka.
Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Razilu, menyatakan Didi dan Melodi dirancang untuk menjadi simbol kreativitas dan inovasi anak muda Indonesia di era digital. “Dengan visual menarik dan penuh makna, kami berharap maskot ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih memahami pentingnya perlindungan kekayaan intelektual,” ujarnya, Kamis (30/1).
Proses pembuatan maskot ini, menurut Rizky Haritz, Pemeriksa Desain Industri Ahli Madya, memakan waktu sekitar tiga minggu, mulai dari brainstorming hingga final artwork. “Didi dan Melodi dibuat untuk merepresentasikan tema utama Hak Cipta dan Desain Industri tahun ini. Kami ingin menciptakan visual yang sederhana tetapi bermakna, sehingga dapat mudah dikenali oleh masyarakat luas,” jelasnya.
Didi digambarkan sebagai seorang desainer produk yang membawa tablet, melambangkan kreativitas di bidang desain industri. Sementara itu, Melodi yang memainkan biola, mencerminkan karya seni di bidang musik dan pentingnya pelindungan hak cipta. Busana Wastra Nusantara yang mereka kenakan memperkuat identitas budaya Indonesia, memberikan pesan kebanggaan akan warisan bangsa di tengah inovasi teknologi.
Menurut Shafiqa Az-Zahra Shidqi, Pemeriksa Desain Industri Ahli Pertama, yang ikut dalam proses pembuatan maskot ini, tantangan terbesar dalam mendesain maskot ini adalah menerjemahkan tema tahun ini ke dalam visual yang menarik dan informatif. “Kami ingin memastikan Didi dan Melodi dapat diterima oleh berbagai kalangan, baik pekerja kreatif maupun masyarakat umum. Kombinasi atribut yang familiar seperti tablet, alat musik klasik, dan busana daerah diharapkan bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan juga terutama anak muda,” ujarnya.
Nama Didi berasal dari singkatan “Desain Industri,” sedangkan Melodi dipilih untuk mewakili karya musik sebagai salah satu bentuk hak cipta. Dengan desain yang sederhana tetapi penuh simbolisme, Didi dan Melodi diharapkan menjadi wajah baru DJKI yang akrab di hati masyarakat.
Maskot ini juga merupakan langkah DJKI dalam mendukung misi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing hasil kreasi anak bangsa, baik di tingkat nasional maupun internasional. Melalui kampanye yang melibatkan Didi dan Melodi, DJKI berkomitmen mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pelindungan kekayaan intelektual sebagai fondasi ekonomi kreatif yang berkelanjutan. (Mohar/fba)
NERACA Jakarta - Ombudsman RI membuka posko pengaduan daring bagi masyarakat yang menemukan pelanggaran dalam proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa…
NERACA Jakarta - Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa tindakan penyebaran informasi atau dokumen elektronik yang memuat pemberitahuan bohong atau hoaks dapat…
NERACA Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan pihaknya membuat kebijakan berupa Peraturan BPOM Nomor: 6 Tahun 2025 tentang…
NERACA Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) segera menyidangkan dugaan pelanggaran kartel suku bunga di industri pinjaman online (pinjol)…
NERACA Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Abdullah meminta kepolisian melakukan investigasi guna mengungkap penyebab label halal bisa tertera…
NERACA Kabupaten Tangerang - Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung (Kejagung) Reda Manthovani, memastikan pemerataan penerapan program Makan…