Pakar: Tidak Usah Diperdebatkan Cuma Persaingan Usaha - SOAL LABEL AQUA

Pakar marketing dan branding, Andre Donas menyayangkan ada sejumlah pihak yang menyinggung penggunaan logo Danone di label Aqua. Menurutnya, sah-sah saja Aqua tidak menggunakan logo Danone dengan alasan apapun sehingga tidak perlu dipermasalahkan."Tidak ada logo Danone dalam label Aqua itu merupakan hal yang biasa dan wajar sehingga tidak perlu diperdebatkan,"ujarnya di Jakarta, kemarin.

Andre mengungkapkan bahwa Aqua tentu memiliki strategi tersendiri dengan tidak menyematkan logo Danone pada label kemasan mereka. Dia mengatakan, lagi pula Aqua merupakan produk lokal yang sudah besar dari awal bahkan sebelum kedatangan Danone.

Dosen Periklanan Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) ini melanjutkan, banyak brand atau produk kenamaan yang tidak menggunakan perusahaan induk mereka. Misalnya saja Fastron yang sempat tidak menyematkan nama Pertamina dalam produk mereka."Hal ini merupakan hal yang biasa apabila kemudian perusahaan induk mereka dianggap sebagai liabilitas dalam pemasaran produk," katanya.

Belum lagi, sambung Andre, biaya restitusi yang harus dibayarkan kepada perusahaan induk. Dia mengatakan, bisa jadi Aqua tidak menyematkan logo Danone karena enggan untuk membayar royalti tersebut yang jumlahnya tentu tidak kecil. Menurutnya, jauh apabila dikaitkan antara tidak menyematkan logo Danone dengan boikot yang saat ini sedang berlangsung. Dia berpendapat, hal ini mengingat Aqua merupakan perusahaan lokal pun sebelum Danone berinvestasi di Indonesia.

Andre menyebut, investasi entitas apapun dalam setiap korporasi dapat berganti dengan mudah. Misalnya saja Facebook mengakuisisi WhatsApp pada 2014 lalu. Dia mengatakan, bisa saja Facebook di kemudian hari melepas dan menjual WhatsApp ke pihak manapun."Jadi saya melihat ini menjadi strategi perusahaan untuk efisiensi sekaligus penegasan bahwa Aqua memang merupakan produk 100 persen asli Indonesia yang tidak memiliki keterkaitan dengan Israel," katanya.

Lebih jauh, Andre melihat bahwa ada persaingan usaha dibalik isu penggunaan logo Danone tersebut. Menurutnya, ada pihak yang tidak bertanggung jawab ingin merebut pasar dengan cara menjelek-jelekan kompetitor.

(bani)

 

BERITA TERKAIT

Pertamina EP Hidupkan Lapangan Tua, Targetkan Produksi 213 MBOEPD

Pertamina EP Hidupkan Lapangan Tua, Targetkan Produksi 213 MBOEPD  Jakarta - Di jantung salah satu lapangan migas Indonesia, PT Pertamina…

Argentina Tertarik Investasi Pertanian di Indonesia

NERACA Jakarta – Pemerintah Indonesia menyambut baik ketertarikan Argentina untuk berinvestasi di sektor pertanian, yang dianggap sebagai salah satu pilar…

Industri Sawit Menuju Transformasi Digital

NERACA Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan industri kelapa sawit nasional…

BERITA LAINNYA DI Industri

Pertamina EP Hidupkan Lapangan Tua, Targetkan Produksi 213 MBOEPD

Pertamina EP Hidupkan Lapangan Tua, Targetkan Produksi 213 MBOEPD  Jakarta - Di jantung salah satu lapangan migas Indonesia, PT Pertamina…

Argentina Tertarik Investasi Pertanian di Indonesia

NERACA Jakarta – Pemerintah Indonesia menyambut baik ketertarikan Argentina untuk berinvestasi di sektor pertanian, yang dianggap sebagai salah satu pilar…

Industri Sawit Menuju Transformasi Digital

NERACA Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan industri kelapa sawit nasional…