Semen Baturaja Tebar Dividen Rp24,31 Miliar

NERACA

Jakarta – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp24,31 miliar atau dengan payout ratio sebesar 20% untuk tahun buku 2023. Sementara itu, sisanya sebesar 80% atau setara Rp97,26 miliar dari laba bersih tahun 2023 ditetapkan sebagai laba ditahan. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Emiten produsen semen yang juga anak usaha dari PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) ini mengungkapkan, pembagian dividen tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp18,96 miliar. Hal itu menunjukkan komitmen perseroan untuk terus memberikan nilai tambah kepada para pemegang saham.

Semen Baturaja membukukan laba bersih sebesar Rp121,57 miliar pada 2023. Pencapaian tersebut meningkat 57% dibandingkan periode 2022 yang sebesar Rp77,3 miliar. Direktur Utama SMBR, Suherman Yahya mengatakan, perseroan menutup tahun 2023 dengan berbagai pencapaian yang baik dari sisi kinerja keuangan, produksi, maupun keberlanjutan.

Total volume penjualan semen tercatat tumbuh sebesar 7,56% menjadi 2,16 juta ton di atas pertumbuhan demand di wilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) yang merupakan pasar utama perusahaan, yang tumbuh sebesar 1,8%. Sepanjang 2023, perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp2,04 triliun atau meningkat 8% dibandingkan periode tahun lalu.

Dari sisi EBITDA tercatat mencapai Rp484,87 miliar atau meningkat 13% dibandingkan dengan tahun 2022 yang sebesar Rp430,45 miliar. Menurut Suherman, pencapaian tahun 2023 tidak terlepas dari kesuksesan inisiatif strategis perseroan melalui program efisiensi SMBRGO45 yang telah dimulai dari tahun 2020 hingga tahun 2023.

Program tersebut merupakan program unggulan perusahaan untuk mengoptimalkan biaya di berbagai sektor dan menerapkan praktik terbaik dalam operasi sehingga dapat mencapai kinerja yang positif."Tak hanya itu, perseroan terus menerus bersinergi dan berkoordinasi dengan Holding SIG sebagai pengelola strategi dan pelaksana operasional kegiatan pemasaran serta penjualan," kata Suherman.

Mendukung program dekarbonisasi, perseroan menyampaikan pihaknya berhasil menurunkan intensitas emisi karbon (cakupan 1) dari 587 kg CO2/ton cem eq di tahun 2022 menjadi 577 kg CO2/ton cem eq di tahun 2023. Semen Baturaja juga meningkatkan thermal substitution rate (TSR) dari 2,62% menjadi 3,01% melalui peningkatan alternative fuel and raw material (AFR) dan penurunan faktor klinker dengan menggunakan material alternatif yang bersumber dari limbah industri.

Dalam hal dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB), perseroan juga melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Sepanjang 2023, tercatat sebesar Rp3,9 miliar dana program TJSL disalurkan oleh perseroan atau meningkat dibanding tahun 2022 sebesar Rp2,65 miliar. Selain itu, perseroan juga telah memiliki 634 mitra binaan usaha mikro dan kecil (UMK) yang memberikan dampak penyerapan tenaga kerja di lingkungan sekitar mitra binaan.

 

BERITA TERKAIT

Mengandalkan Pasar Ekspor AS - WOOD Targetkan Penjualan Tumbuh 20%

NERACA Jakarta — Dihantui perang dagang Amerika Serikat dan Cina, emiten furniture PT Integra Indocabinet Tbk. (WOOD) masih optimis menargetkan pertumbuhan penjualan…

Summarecon Bidik Pra Penjualan Rp5 Triliun

NERACA Jakarta  – Emiten properti, PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menargetkan pra-penjualan tahun ini sebesar Rp5 triliun dengan kontribusi dari…

Siapkan Capex Rp150 Miliar - Hartadinata Integrasikan Pabrik Perhiasan Emas

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnisnya, PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini senilai Rp150 miliar.…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Mengandalkan Pasar Ekspor AS - WOOD Targetkan Penjualan Tumbuh 20%

NERACA Jakarta — Dihantui perang dagang Amerika Serikat dan Cina, emiten furniture PT Integra Indocabinet Tbk. (WOOD) masih optimis menargetkan pertumbuhan penjualan…

Summarecon Bidik Pra Penjualan Rp5 Triliun

NERACA Jakarta  – Emiten properti, PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menargetkan pra-penjualan tahun ini sebesar Rp5 triliun dengan kontribusi dari…

Siapkan Capex Rp150 Miliar - Hartadinata Integrasikan Pabrik Perhiasan Emas

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnisnya, PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini senilai Rp150 miliar.…