DPK diatas Rp5M BNI Naik 16%, Kontribusi Positif Layanan Emerald

Neraca, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI membuktikan kemampuannya dalam menjaga Dana Pihak Ketiga (DPK) salah satunya dari segmen menengah ke atas dengan minimum penempatan dana sebesar Rp5 miliar. Pertumbuhan DPK diatas Rp5 miliar hingga April 2025 mencapai 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY).

Direktur Consumer Banking BNI Corina Leya Karnalies mengatakan, peningkatan dana dan jumlah nasabah untuk rekening di atas Rp5 miliar tidak terlepas dari inovasi digital dan beragam layanan keuangan khususnya pada nasabah Emerald.

"Kami mengapresiasi kepercayaan nasabah yang terus mempercayakan BNI sebagai mitra perbankan untuk mengelola aset nasabah dengan berbagai layanan yang memudahkan kebutuhan transaksi finansial," kata Corina dalam siaran pers.

Hingga April 2025, jumlah nasabah dengan Asset  Under Management (AUM) lebih dari Rp5 miliar naik 15% YoY dengan pertumbuhan DPK dan AUM meningkat 16%. Selain DPK, peningkatan AUM juga terjadi pada produk Investasi dan Bancassurance yang tumbuh 17% YoY.

"Mengamati pergerakan portfolio nasabah, komposisi tabungan dengan AUM minimal Rp5 miliar mengalami kenaikan porsi dari sebelumnya 36% menjadi 39% dari total AUM yang ada," ungkap Corina.

Adapun faktor yang mendorong peningkatan tersebut, lanjut Corina, antara lain disebabkan adanya pengembangan terhadap fitur produk tabungan. Selain itu, program welcome Emerald dengan extra reward hingga Rp26 juta menjadi daya tarik bagi nasabah untuk menempatkan dana di BNI.

"Sejalan dengan era yang serba digital, saat ini BNI juga terus melakukan penyempurnaan melalui fitur dan layanan yang lengkap, cepat dan mudah melalui wondr by BNI," tutur Corina.

Strategi BNI dalam menghimpun DPK ditengah keketatan likuditas industri perbankan diantaranya melalui penguatan Relationship Manager (RM) yang didedikasikan secara khusus bagi nasabah Emerald dengan AUM mimimum Rp1 miliar.

Sementara untuk mempertahankan nasabah dengan AUM Rp500 juta sampai dengan Rp1 miliar, BNI menyediakan program _upgrade_ dengan reward yang menarik.

"Kami percaya customer merupakan aset berharga, oleh karenanya kami menyiapkan _dedicated_ relationship manager untuk mengetahui kebutuhan nasabah agar terlayani dengan baik," ujar Corina.

Perluasan _customer based_ juga menjadi target fokus BNI tahun ini. Melalui Emerald _Acquisition_ RM, percepatan pertumbuhan nasabah baru menjadi bagian dari mesin  pertumbuhan di BNI.

"Kami juga memiliki program special yakni Rejeki wondr BNI yang berlangsung sejak April 2025 sampai dengan Januari 2026, Program ini memberikan hadiah istimewa berupa Mobil Mercedes Benz E 300, Chery J6, All New Honda HRV dan hadiah istimewa lain yang tidak kalah menarik. Untuk mengikuti program, nasabah cukup tingkatkan saldo tabungan dan aktif bertransaksi di wondr by BNI, " tutur dia.

Corina menambahkan, masih banyak potensi dan peluang yang dapat dikembangkan ke depan untuk menjaga DPK. BNI optimistis pencapaian ini akan berlanjut dan berkontribusi terhadap kinerja perseroan tahun ini seiring dengan meningkatnya kepercayaan nasabah pada BNI Emerald. 

BERITA TERKAIT

BNI Hadirkan Wondrful Experience Rayakan 20 Tahun Java Jazz

Neraca, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus menunjukkan konsistensinya dalam mendukung perkembangan industri kreatif nasional melalui partisipasi…

Dr. Irfan Syauqi Beik: Zakat Bukan Profit-Oriented, tapi Maslahat-Oriented

Neraca, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University, Dr. Irfan Syauqi Beik, menegaskan,  pentingnya memahami karakteristik zakat dan tidak menyamakan…

BNI dan Kementerian UMKM Jalin Kerja Sama Perkuat Layanan Keuangan Pelaku Usaha

Neraca, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjalin kerja sama strategis dengan Kementerian Usaha Mikro, Kecil dan Menengah…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

BNI Hadirkan Wondrful Experience Rayakan 20 Tahun Java Jazz

Neraca, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus menunjukkan konsistensinya dalam mendukung perkembangan industri kreatif nasional melalui partisipasi…

Dr. Irfan Syauqi Beik: Zakat Bukan Profit-Oriented, tapi Maslahat-Oriented

Neraca, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University, Dr. Irfan Syauqi Beik, menegaskan,  pentingnya memahami karakteristik zakat dan tidak menyamakan…

BNI dan Kementerian UMKM Jalin Kerja Sama Perkuat Layanan Keuangan Pelaku Usaha

Neraca, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjalin kerja sama strategis dengan Kementerian Usaha Mikro, Kecil dan Menengah…